CARA MEMBUAT AKUN PADA APLIKASI MYOB

Assalamualaku wr wb. 

Pada blog kali ini, saya ingin menjelaskan tutorial bagaimana cara membuat akun pada aplikasi MYOB.

Aplikasi yang saya gunakan ialah MYOB VERSI 18 di windows 10.

Apasih aplikasi MYOB?  MYOB ( Minding Your Own Business) adalah paket program komputer akuntansi yang dibuat secara terpadu. Program ini dibuat oleh perusahaan pembuat software : Data Tech Software Pty. Ltd. Austrlia. MYOB ini dapat digunakan untuk pembukuan berbagai jenis usaha baik usaha besar maupun usaha kecil. Program ini digunakan untuk pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat seperti pemasukan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada pembuatan laporan keuangan ; neraca, laba rugi dan sebagainya.

Okee, sekarang lanjut ke langkah langkah tutorialnya, disimak yaa :)

1. Aplikasi MYOB harus sudah di download & di instal

2. Buka aplikasi MYOB 


Open
Merupakan pilihan yang kita gunakan untuk membuka account yang telah ada/yang telah dibuat.
Create
Merupakan pilihan yang digunakan untuk membuat account baru dalam Myob.
Explore
Adalah pilihan yang digunakan untuk membuka file yang telah dibuat sebelumya, jika kita telah melakukan suatu upgrade terhadap Myob tersebut.
What’s New
Adalah pilihan yang didalamnya terdapat penjelasan tentang pembaruan apa saja yang terjadi pada versi Myob yang kita gunakan. Untuk melihatnya kita harus menggunakan akses internet.
Exit
Adalah pilihan untuk keluar dari aplikasi Myob.

3. Karena kita akan membuat account yang baru, maka kita pilih Create, setelah itu akan muncul tampilan seperti ini :



4. Klik next


5. Lalu pada tahap ini kita dapat mengisi data-data mengenai informasi perusahaan yang kalian miliki, setelah data-data terisi klik next.


6. Slanjutnya, masuk pada Accounting Information, pada bagian ini kita dapat menentukan ketentuan-ketentuan yang akan kita gunakan dalam account Myob.
·              Current Financial Year
Merupakan ketentuan untuk mentukan tahun pembuatan pembukuan pertama kali. Ini bertujuan untuk menyocokan kalender Myob dengan kalender pada tahun pembuatan pembukuan tersebut. Karena kita mulai membuat pembukuan pada tahun 2011, maka input 2011.
·             Last month of financial year
Ketentuan untuk menentukan akhir dari pembukuan yang kita buat, misalkan pembukuan akan berakhir pada bulan Desember.
·             Conversion month
Merupakan ketentuan untuk menentukan pada bulan apa kita akan memulai untuk memasukan data-data transaksi kedalam pembukuan tersebut. Kita tidak akan bisa memasukan data-data sebelum kita menentukan bulan pada conversion month ini. Kita misalkan bulan untuk memulai memasukan data-data transaksi adalah bulan Oktober.
·             Number of accounting periods
Adalah ketentuan untuk menentukan suatu periode pelaporan, bisa 12 bulan (1 tahun) ataupun 13 bulan sekali. Dan kali ini kita gunakan pelaporan 12 bulan sekali.

Jika tahap ini telah selesai klik next, jika data accounting telah sesuai, klik next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.


7. Account List
Merupakan jendela untuk menentukan daftar-daftar apa saja yang akan kita masukan ke dalam pembukuan yang akan kita buat.
terdapat tiga pilihan, yaitu :
a)     Pilihan pertama
Pilihan untuk membuat pembukuan berdasarkan dari daftar-daftar yang telah ada dalam program Myob.
b)     Pilihan kedua
Pilihan untuk membuat pembukuan dengan cara meng-import daftar dari pembukuan yang telah dibuat oleh seorang akuntan yang dimiliki oleh suatu perusahaan.
c)      Pilihan ketiga
Kita akan membuat suatu accountlist yang benar-benar baru sesuai dengan yang kita inginkan dengan menggunakan program ini.

Dan kita pilih piliahan ketiga, klik next.


8. 
Company File
Nama dari account yang akan kita simpan, akan otomatis sesuai dengan nama perusahaan yang kita inputkan pada company information. Dalam tahap ini kita tentukan lokasi penyimpanan account file.

Kemudian klik next.


9. Berikutnya kita masuk ke tahap conclution, yang merupakan pemberitahuan bahwa account yang kita input telah dibuat, pada bagian ini terdapat 2 tombol option, yaitu :
Setup Assistant
Jika kita memilih setup assistant kita dapat menentukan sendiri isi dari accounting company file yang akan kita buat.
Command Center
Jika kita memilih command center, maka kita langsung dapat memasukan data-data yang akan kita buat dalam pembukuan.

Pilih Command Center, next. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :


10. pada layar diatas kita sudah berhasil membuat data perusahaan awal, lalu kita dapat memasukan data-data yang lain untuk membuat laporan keuangan.

Untuk cara pengerjaan membuat data awal perusahaan sudah selesai, selanjutnya langkah-langkah untuk membuat account di perusahaan.

 
1. dalam Command Centre kita pilih Account.


2. Pilih Account List. 

3. maka akan tampil layar seperti diatas, lalu klik Account yang akan kita edit.  

berikut ada 6 persamaan akun didalam MYOB :
1. General Cheque Account = Cash In Bank
2. Trade Debtors = Account Receivable
3. Trade Creditore = Account Payable
4. GST Paid = VAT In
5. GST Collected = VAT Out
6. Historical Balancing = Income Summary

4. Sebagai contoh, berikutnya kita asukan akun Cash In Bank. Lalu kita edit.

5. Terdapat kolom dari Account Name: yang sebelumnya Asset, kita ganti menjadi Cash In Bank

 

6. Jika sudah diganti lalu klik OK


Kita dapat melihat perubahan pada kolom yang dimana ialah Asset dan sekarang menjadi Cash In Bank. Untuk langkah selanjutnya hanya memasukan akun akun yang diperlukan. 

Selesai sudah langah-langkah tutorial membuat akun pada MYOB. 

Sekian dan terimakasih
Wassalamualaikum wr wb.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

OPERASI DASAR MICROSOFT OFFICE